Ada kalanya kita ingin mengobrol dengan orang yang tidak kita kenal, untuk sekedar menumpahkan isi pikiran atau untuk menambah kenalan baru. Situs www.omegle.com yang dibuat pada Maret 2009 ini memfasilitasi kita untuk itu. Para pengguna situs ini pun datang dari berbagai penjuru dunia.  Mari kita coba aplikasi chat yang satu ini…

Langkah 1

Setelah kita ketikkan www.omegle.com pada address bar browser kita, kita akan masuk ke halaman utama. Omegle sangat mudah untuk digunakan, kita tidak perlu mendaftar lalu login seperti situs layanan chat lainnya. Setelah kita masuk ke halaman utama bahkan kita bisa langsung mulai untuk chat dengan mengklik Start a Chat.

1
Di pojok kanan atas tampilan tersebut kita dapat melihat jumlah user situs omegle pada saat itu. Sistem kerja omegle adalah memilih dan memasangkan secara acak para penggunanya.

Langkah 2

Untuk memulai kita klik Start a Chat, kita akan langsung masuk ke jendela chat dan otomatis dipasangkan dengan user lain untuk chatting. Berikutnya kita telah berada dalam jendela chat. Di bagian bawah tampilan terdapat kotak panjang yang digunakan untuk mengetik dan tombol send untuk mengirim kata-kata yang telah kita ketik, di samping kirinya terdapat disconnect untuk menghentikan chat kapan pun kita inginkan. Kalimat yang kita kirim akan langsung terpampang di jendela percakapan.

2
Jika ingin menghentikan percakapan, kita klik tombol disconnect. Jika muncul tampilan seperti berikut:
3
Itu berarti kawan bicara kita telah menghentikan percakapan dengan kita. Dan kita diberi pilihan untuk dipasangkan lagi dengan user lain untuk memulai percakapan baru dengan mengklik tombol Start a new conversation, atau menyimpan obrolan dalam format html dengan mengklik save this log. Atau jika kita ingin menyampaikan kritik atau saran kepada pengurus omegle, kita dapat mengklik send us feedback dan kita akan diantar ke jendela berikut ini:

5

Langkah 3

Berikutnya, jika kita ingin chat dengan lebih dari satu user, kita buka saja tab baru di browser kita dan ketikkan lagi www.omegle.com.

4
 
Sangat mudah bukan, selamat mencoba!

*Catatan : hati-hati karena banyak orang-orang indonesia juga disini yang so nyamar jadi bule haha .. awas dikerjain just for fun!!!:D

Related Post: