corel paint shop pro 









Corel Paint Shop Pro (PSP) adalah salah satu yang lebih populer raster dan vector graphics editor yang tersedia di pasar saat ini. Editor foto ini untuk keperluan umum memiliki reputasi sebagai orang "miskin Photoshop" karena memberikan porsi yang signifikan kapasitas Photoshop untuk biaya kurang. Biaya perangkat lunak ini sekitar $ 100, tetapi Anda bisa mendapatkannya dengan harga diskon besar.
Jika PSP adalah orang "miskin Photoshop," kemudian Paint.NET dapat dianggap sebagai "orang miskin PSP." Awalnya dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di Washington State University, editor grafis raster ini bebas telah berkembang dari pengganti sederhana untuk program Microsoft Paint dalam sebuah program editing yang kuat dengan dukungan untuk blending, plugin, lapisan, dan transparansi.
Berikut adalah beberapa persamaan dan perbedaan antara PSP komersial dan open source Paint.NET.
Fitur
Kedua lapisan Corel Paint Shop Pro dan Paint.NET mengedit fitur seleksi,, histogram, retouching, dan ukuran. Mereka juga fitur Penghapusan kebisingan, ukuran cetak, sharpening, koreksi warna, dan dukungan untuk plugin. Namun, ada beberapa fitur yang hadir di Corel tapi tidak ada di Paint.NET, seperti HDR, koreksi lensa, dan perpustakaan foto. Selain itu, fitur scripting hadir di Corel tetapi sebagian dikembangkan di Paint.NET.
Warna ruang
Corel Paint.NET mendominasi dalam hal ruang warna, Corel memiliki dukungan dasar bagi sRGB, Adobe RGB, diindeks, grayscale, dan CMYK namun dukungan parsial untuk LAB dan HSV. Di sisi lain, perangkat lunak open source memiliki dukungan sRGB penuh, tetapi tidak memiliki Adobe RGB dan LAB. Selain itu, Paint.NET memiliki dukungan parsial untuk diindeks, grayscale, CMYK, dan HSV.
Dukungan file
Corel dan impor dukungan RAW Paint.NET, BMP, GIF, JPEG, JPEG 2000, PNG, dan PCX. Editor komersial juga mendukung TIFF, PSP, dan OpenEXR, tetapi tidak XCF. Ia juga memiliki dukungan sebagian PSD. Di sisi lain, freeware memiliki dukungan untuk HD Photo, tetapi tidak untuk PSP, XCF, dan OpenEXR. Perangkat lunak open source telah TIFF parsial dan dukungan PSD.
Sistem operasi mendukung
Ada perbedaan tidak, namun, dalam hal dukungan sistem operasi. Kedua Corel dan Paint.NET hanya berjalan pada platform Windows, tetapi tidak di Linux, Mac OS X, Unix, BSD, dan AmigaOS.


Related Post: