Facebook kini memiliki 'banderol' senilai USD 33,7 miliar, setelah para investornya berani membayar saham perusahaan tersebut sebesar USD 76 per saham.

Surat kabar Financial Times menyebutkan, banderol yang ditempelkan pada Facebook menandakan perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg itu kini bernilai lebih tinggi dibandingkan perusahaan teknologi besar seperti eBay dan Yahoo. Keduanya masing-masing memiliki nilai pasar sebesar USD 30,1 miliar dan USD 18,3 miliar. 

"Saham umum Facebook kini diperdagangkan senilai USD 76 per saham, karena para investor berebut mendapatkan bagian dari saham Facebook sebelum ditawarkan pertamakalinya ke publik (IPO/Initial Public Offering-red)," demikian laporan reporter Financial Times David Gelles yang dilansir Telegraph , Kamis (26/8/2010).

Para analis menyebutkan, nantinya nilai saham Facebook akan menjadi IPO perusahaan teknologi terbesar, melebihi Google ketika mencapai IPO senilai USD 1,67 miliar pada 2004.

Facebook yang bulan lalu jumlah penggunanya tembus 500 juta, saat ini didanai gabungan firma perusahaan investasi dan pemilik modal. Belum dapat dipastikan kapan perusahaan ini akan mengalami penawaran terbesarnya, meski banyak pertanda yang menunjukan hal tersebut bisa terwujud sebelum 2011.

Sumber Berita : detikINET

Related Post: