Menjelang ajang Gamescom yang berlangsung di Cologne, Jerman, 19-23 Agustus 2009, Sony Computer Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan model PlayStation 3 terbaru yakni PS3 Slim yang siap menggantikan model yang saat ini beredar di pasaran. Menariknya, produk baru itu akan dijual di kisaran harga 299 dolar AS. Langkah ini diharapkan dapat mendongkrak penjualan konsol game Sony.

Sony PlayStation 3 Slim akan dilengkapi dengan harddisk berkapasitas 120GB dan juga mengonsumsi daya sekitar 34 persen lebih rendah dibandingkan dengan produk yang saat ini tersedia. Belum jelas apakah penurunan konsumsi daya merupakan hasil dari penggunaan komponen yang berbeda pada PS3 slim atau merupakan hasil dari pengoptimalan teknologi yang ada. Meski begitu, dari sisi fitur, PS3 Slim juga sudah dilengkapi dengan drive optik Blu-ray, wireless networking, Bluetooth, dan sejumlah teknologi penting lainnya yang ada di konsol versi terdahulu.

Seperti VIVAnews kutip dari XbitLabs, 19 Agustus 2009, Sony Computer Entertainment menyatakan bahwa model PlayStation 3 tipis ini 32 persen lebih ringkas dibandingkan dengan versi awal dari PlayStation 3. Dengan demikian, konsol game itu semakin cocok digunakan oleh mereka yang tidak menyukai ukuran besar miliki generasi pertama PlayStation 3.

Dari sisi ketersediaan, Sony menyiapkan PS3 Slim untuk beredar di September mendatang. Sambil menunggu, mereka akan terus menjual PS3 80GB mereka pada harga yang telah dipangkas, yakni di kisaran 299 dolar AS dari sebelumnya di kisaran harga 399 dolar AS.

Saat ini belum ada detail resmi seputar spesifikasi teknis dari PlayStation 3. Khususnya chip yang digunakan di dalam perangkat dan apakah ada yang dikorbankan untuk membuat konsol game tersebut menjadi lebih ringkas.[vivanews]

Related Post: