Jangan kira Google hanya pintar dalam hal search engine atau mesin pencari, sebenarnya Google sudah mulai menancapkan kakinya di bidang aplikasi bisnis melalui Google Apps yang sudah diluncurkan 3 tahun lalu dan digunakan oleh 2 juta bisnis lebih.

Aplikasi Google Apps berjalan di server Google sehingga kita tidak perlu membeli, menginstall atau memelihara hardware atau software, dan kita hanya perlu membayar biaya “sewa”. Aplikasi yang ditawarkan dalam Google Apps selama ini terbatas pada beberapa aplikasi utama yaitu Google Docs, Calendar, Email, dsb sedangkan bisnis memerlukan banyak aplikasi lain yang tentunya sangat bervariasi.
Oleh karena itu Google dengan inovasi dan kepintaran berbisnisnya mulai menawarkan toko aplikasi yang disebut Google Apps Marketplace yang terintegrasi dengan Google Apps yang sudah ada. Karena banyaknya vendor aplikasi bisnis, seringkali pengguna perlu melakukan login terpisah dari aplikasi-aplikasi karena masing-masing tidak terintegrasi satu sama lain. Dengan adanya Google Apps Marketplace, Google menawarkan login tunggal dan integrasi dari berbagai aplikasi melalui platform yang ada dan dapat berpindah aplikasi dengan mudah. Jadi Anda tinggal browse, lalu add aplikasi yang diinginkan baik free atau komersial yang disediakan di Google Apps Marketplace.
Saat ini sudah ada 50 perusahaan yang menjual aplikasi, di antaranya adalah:
- Intuit Online Payroll: Sebuah aplikasi bisnis kecil pemilik usaha yang menawarkan cara baru untuk menjalankan efisien gaji, membayar pajak dan membiarkan karyawan memeriksa pembayaran, semua dalam satu lingkungan kantor terintegrasi secara online.
- Manymoon: Aplikasi perusahaan gratis untuk kerja dan aplikasi manajemen proyek untuk Google Apps memudahkan bagi bisnis dan tim untuk mengatur dan berbagi informasi, termasuk tugas, proyek, dokumen, status update dan link dengan rekan kerja, pelanggan dan mitra.
- Jira Studio: Sebuah host suite pengembangan perangkat lunak dari pengembang perangkat lunak Atlassian yang memungkinkan data mengalir secara alami antara Gmail, Google Calendar, Google Docs dan aplikasi lainnya dan sebagai alat pengembangan untuk lmencari dan mengelola masalah-masalah proyek dan alur kerja.
Sekali terinstall, aplikasi pihak ketiga ini akan bekerja seperti aplikasi Google native dan dapat berinteraksi dengan kalender, email, dokumen atau data kontak yang sudah ada.
Anda dapat mengunjungi Google Apps Marketplace di:
http://www.google.com/enterprise/marketplace/home
Atau Anda tertarik mengembangkan aplikasi untuk dipasarkan di sini? Baca blog berikut:
http://googlecode.blogspot.com/2010/03/integrate-publish-sell-google-apps.html

Related Post: