Foursquare dan Facebook Places merupakan seteru untuk bersaing di layanan jejaring sosial berbasis lokasi. Namun ketika Facebook Places lahir ke dunia, malah justru Foursquare yang bersorak.

Jangan salah sangka dulu, sebab kegembiraan Foursquare ini bukan lantaran menyambut kehadiran Facebook Places, yang akan menjadi pesaing mereka. Melainkan untuk merayakan rekor 3 juta pengguna yang baru saja dicetak Foursquare.

Dari News, Senin (30/8/2010), rekor ini dicapai hanya dalam waktu setengah bulan setelah sebelumnya pengguna Foursquare mencapai 2 juta orang. Padahal sebelumnya diperlukan waktu satu tahun bagi Foursquare untuk bisa mengumpulkan 1 juta pengguna.

CEO Foursquare Dennis Crowley mengatakan bahwa perusahaannya mencapai jumlah pengguna terbesar setelah Facebook merilis layanan yang sama, Facebook Places. Foursquare pun saat ini telah menawarkan tanda digital terbesar di New York Times Square, AS dengan tagline "Periksa, temukan teman-teman Anda, buka kota Anda".

Untuk mengantisipasinya, Foursquare menerima kucuran dana dari sebuah perusahaan teknologi Andreesen Horowitz sebesar USD 20 juta. Tak hanya itu, Foursquare juga mengucurkan USD 95 juta yang akan digunakan untuk biaya merekrut karyawan baru, pengembangan produk dan kantor baru di San Fransisco, Amerika Serikat.

Jumlah pengguna Foursquare yang kini mencapai tiga juta orang diyakini masih akan terus bertambah mengingat sekitar 180.000 pengguna bertambah setiap sepuluh harinya. Ya, kita lihat saja apakah Facebook Places bisa menghadang Foursquare.

Related Post: