Sebentar lagi tak hanya Nintendo Wii yang bakal menawarkan keasyikan bermain game cara baru.

Setelah PS3 berencana melansir kontroler gerak baru dalam waktu dekat, Microsoft tak mau kalah, berencana meluncurkan sebuah kontrol game baru bagi konsol XBox 360 pada 2010.

Kontroler game tersebut bukan lagi menggunakan kontroler gerak yang harus dipegang oleh pengguna seperti kontroler pada konsol Wii dan PS3. Kontroler itu malahan tak perlu dikenakan atau disentuh oleh pengguna, karena ia berbentuk kamera.

Teknologi yang digunakan adalah kamera 3-dimensi yang mampu menangkap dan mengenali gerakan tubuh penggunanya. Teknologi tersebut diperoleh Microsoft lewat akuisisinya terhadap perusahaan asal Israel 3DV Systems, pada awal tahun ini seharga USD 35 juta atau sekitar Rp 360 miliar.

Sejak beberapa tahun lalu, 3DV Systems memang mengembangkan kamera 3-dimensi yang dinamakan kamera Z-Cam. Kamera tersebut mampu mendeteksi obyek bergerak di depannya berdasarkan sumbu X, Y, dan Z.

Oleh karenanya kamera tersebut mampu menentukan kedalaman atau gerak posisi sebuah data secara akurat. Shutter kamera ini memiliki kecepatan yang tinggi, mampu mengabadikan obyek beberapa kali dalam waktu satu detik.

Kamera ini menangkap gambar hanya dalam bentuk hitam putih saja. Ia menentukan jarak obyek dari terang-gelap obyek tersebut. Obyek yang lebih terang adalah obyek yang dekat dengan kamera, sementara obyek yang lebih gelap adalah obyek yang lebih jauh.

Menurut situs VentureBeat, kontroler ini memiliki akurasi yang jauh lebih baik daripada kontroler Wii yang bekerja mengandalkan teknologi akselerometer (detektor gerak) dan infra merah.

Kendati masih lama untuk bisa diproduksi secara massal, diperkirakan, seperti halnya kontroler gerak PS3 yang baru, teknologi baru ini bakal mulai diperkenalkan pada ajang E3 yang bakal digelar di Los Angeles Amerika Serikat Juni mendatang.[vivanews]

Related Post: