Intel  

Intel berencana untuk mengungkapkan tentang prosesor Xeon eight-core di International Solid-State Circuits Conference (ISSCC) pada 9 Februari dan sekaligus juga akan menampilkan preview prosesor eight-core buatan mereka yang pertama kalinya itu.
Rincian seperti apa prosesor Xeon yang akan diungkapkan pada 9 Februari itu masih belum diketahui. Program ISSCC hanya mengatakan bahwa para eksekutif Intel akan mendiskusikan tentang eight-core, prosesor Xeon 16-thread yang dibuat dengan proses 45-nanometer.
Intel menolak berkomentar banyak tentang rincian lengkap prosesor Xeon yang akan diungkapkan selama presentasi nanti.
Namun diperkirakan prosesor Xeon eight-core yang akan diungkapkan oleh Intel pada tanggal 9 Februari nanti adalah prosesor Nehalem EP, sebuah chip yang rencananya dirancang untuk komputer server dual-socket dan workstation. Prosesor Nehalem EP dijadwalkan akan dirilis pada awal tahun 2009 dan peluncurannya bertujuan untuk me-refresh jajaran prosesor Xeon.
Seperti chip Nehalem lainnya, chip Nehalem EP akan disertakan dengan integrated memory controller dan penggunaan Quick Path Interconnect (QPI) dari Intel yang mana akan menggantikan front-side bus dan memungkinkan lebih banyak data yang akan mengalir antara prosesor dan komponen lainnya diantara komputer selain juga dapat mempercepat kinerja komputer secara keseluruhan.[erakomputer.com]

Related Post: