Sony mengumumkan penurunan harga konsol game populernya yakni PlayStation 2 menjadi 100 dolar AS. Dengan demikian, konsol game ini akan menjadi pilihan terjangkau bagi penikmat game yang ingin memiliki konsol game.

Harga baru itu akan berlaku langsung, Rabu 1 April 2009. Penurunan harga sebesar 23 persen itu diperkirakan akan memperpanjang usia konsol generasi lawas milik Sony tersebut. Sebagai tambahan, pemangkasan harga itu juga mengindikasikan peluang bahwa Sony akan menurunkan harga PlayStation 3. Saat ini, PlayStation 3 sendiri dijual di harga 399 dolar AS dan penjualannya jauh tertinggal dibanding kompetitornya dari Microsoft yakni Xbox 360 dan Nintendo Wii.

Menurut Sony, mereka telah menjual sebanyak 136 juta unit PlayStation 2 sejak perangkat itu diluncurkan ke pasaran 8 tahun lalu. Meski konsol video game biasanya bertahan hingga 5 tahun di pasaran, Sony yakin PlayStation 2 mampu memikat pembeli hingga 10 tahun.

“Dengan konsol game PlayStation generasi awal dan PlayStation 2, kami telah membuktikan bahwa pengguna dapat mengandalkan platform kami untuk kebutuhan gaming dan hiburan mereka, setidaknya untuk waktu satu dekade terakhir,” kata John Koller, Director of Hardware Marketing Sony, seperti VIVAnews kutip dari blog resmi Sony di sini http://blog.us.playstation.com/2009/03/31/playstation-2-will-be-available-for-under-100.

Dengan PlayStation 3, Sony juga membuktikan bahwa tingginya harga konsol sangat tidak menarik pengguna, meskipun konsol yang dirilis lebih canggih dibandingkan milik kompetitor. Sebagai contoh, Nintendo telah menjual konsol Wii hingga 50 juta unit sejak peluncuruan pertamanya November 2006. Di bulan yang sama, Sony juga meluncurkan PlayStation 3 yang memiliki spesifikasi lebih baik namun dengan harga yang berlipat ganda. Akhirnya, sampai akhir Maret ini Sony masih belum berhasil mencapai targetnya menjual PlayStation 3 hingga 10 juta unit.

Meski kini harganya 399 dolar AS, saat diluncurkan, PS3 dijual seharga 500 dolar. Harganya saat ini masih jauh lebih mahal daripada Wii yang kini dijual seharga 250 dolar AS dan juga masih 100 dolar lebih mahal dibandingkan dengan Xbox 360. Harga baru PS2 ini kemungkinan akan menarik pengguna yang ingin memiliki konsol game. Meski banyak game tidak lagi dibuat untuk PS2, tetapi produsen game besar seperti Activision-Blizzard dan Electronic Arts masih membuat game untuk PS2. Di toko online seperti GameStop dan lain-lain juga masih banyak game untuk PlayStation 2.[viva news]

Related Post: