Intel, Nokia dan Finlandia University of Oulu bekerja sama dalam mengembangkan sebuah pusat penelitian bersama membuat perangkat lunak untuk 3D. Selain itu juga membuat pengalaman virtual reality untuk digunakan pada perangkat mobile.

Perangkat lunak ini akan dikembangkan oleh sekira 24 insinyur di Oulu menggunakan sistem operasi open-source MeeGo yang diluncurkan pada bulan Februari oleh Intel dan Nokia. Kedua perusahaan itu membayangkan software 3D virtual reality nantinya akan berjalan pada berbagai perangkat mobile, termasuk smartphone, dan tablet.

"Dunia virtual 3D memiliki potensi untuk merevolusi pengalaman pengguna mobile," ujar Mika Setala, Nokia Director of Strategic Alliances and Partnerships.

Salah satu aplikasi praktis paling awal untuk perangkat lunak akan mengembangkan panel kontrol virtual untuk perangkat mobile untuk mengatur pemanas dan pencahayaan di rumah.

Selain itu, dalam waktu dekay akan menciptakan aplikasi jejarinn sosial dalam dunia maya untuk perangkat mobile ditambah dengan GPS dan informasi lokasi lain, yang diprediksi akan menjadi killer app atau setidaknya sangat sukses.

Martin Curley, Direktur dari Intel Labs di Eropa, mengatakan fokus pusat penelitian akan membangun perangkat lunak open source yang ditunjang dengan chip Intel. Dia juga tidak menutup kemungkinan bahwa perangkat lunak dapat hadir ke perangkat Nokia baru pada arsitektur Intel chip masa depan. (Okezone/PCAdvisor)

Related Post: