Google dan HTC tak lagi memproduksi Nexus One. Namun bukan berarti kerja samanya terhenti begitu saja. Kabarnya, duet maut ini tengah menyiapkan satu produk unggulan terbaru untuk menggerus pasar yang dikuasai Apple.

Dari Telegraph, Minggu (22/8/2010), Google bersama HTC kabarnya tengah mengerjakan proyek komputer tablet yang nantinya akan menjadi penantang serius iPad. Kondisinya hampir serupa ketika duet ini menyiapkan Nexus One untuk menggerogoti pasar iPhone.

Tablet yang namanya belum diketahui ini nantinya akan dibekali sistem operasi Chrome OS dan dipasarkan secara bundling bersama operator Verizon Wireless di Amerika Serikat pada bulan November nanti.

Momentum peluncurannya pun diperkirakan akan bertepatan pada suatu waktu yang disebut "Black Friday", yakni sehari setelah hari Thanksgiving di mana barang-barang elektronik biasanya dijual dengan diskon besar-besaran.

Harga tablet besutan Google-HTC ini kabarnya bakal lebih murah dibandingkan iPad karena mendapatkan subsidi dari Verizon. Namun sayangnya, spesifikasi detail tablet ini masih belum diketahui, meski ada yang meyakini tablet ini akan memakai platform Tegra 2 milik NVdia dan untuk storage-nya memakai SSD berkapasitas 32GB.

Jika rumor ini benar, tablet ini akan menjadi perangkat komersial pertama yang sistem operasi Chrome OS. Chrome OS didesain sebagai generasi baru layanan web berbasis Cloud Computing, di mana aplikasi berjalan pada browser, bukan diinstal pada drive komputer.

Sejauh ini, Google masih bungkam ketika dimintai komentar seputar kabar tablet PC buatan mereka. Namun yang pasti, selain Google-HTC, produk penantang iPad lainnya yang juga bakal hadir dalam waktu dekat adalah keluaran Hewlett-Packard (HP). Produk HP ini dipastikan rilis awal 2011 nanti.

Sumber Berita : DetikINET

Related Post: